Home » » Cerita Motivasi: Delapan Kado Terindah

Cerita Motivasi: Delapan Kado Terindah

Cerita Motivasi: Kado terindah yang dimaksudkan disini bukanlah kado yang berbentuk barang atau hadiah seperti jam tangan, perhiasan, cincin dan lain lain. Tetapi kado terindah yang dimaksud adalah berupa tindakan atau perbuatan kita dalam menanggapi atau merespon orang-orang yang kita sayangi yang ada dalam hidup kita.

Kehadiran
Kehadiran orang yang dikasihi dan kita sayangi rasanya merupakan kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat surat, foto atau faks. Namun dengan berada disampingnya, anda dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Jadikan kehadiran anda sebagai pembawa kebahagiaan.

Mendengar
Hanya sedikit orang yang mampu memberikan kado ini. Sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan daripada mendengarkan. Dengan mencurangkkan segala perhatian pada setiap ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik pastikan anda dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya, ini memudahkan anda memberi tanggapan yang tepat setelah itu.

Diam
Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau membingungkanorang. Tapi terlepas dari semua itu, diam juga bisa menunjukan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya ruang. Terlebih jika kita sering atau gemar menasehati, mengatur, mengkritik dan sebagainya.

Kebebasan
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang tersebut. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang bila kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan disini bukanlah "kau bisa berbuat semaumu". Akan tetapi memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

Keindahan
Siapa yang tak bahagia bila orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil lebih indah dan rupawan juga merupakan sebuah kado yang indah. Selain keindahan penampilan pribadi, andapun bisa menghadiahkan keindahan suasana dirumah.

Tanggapan Positif
Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar darinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, cobalah hadiahkan tanggapan positif. Nyataka dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam minggu terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi anda. Ingat-ingat pula, pernahkah anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan juga pujian adalah kado indah yang sering terlupakan.

Kesediaan Mengalah
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi menjadi pertengkaran yang hebat. Bila anda memikirkan hal ini, berarti anda siap memberikan kado "kesediaan mengalah". Kesediaan mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

Senyuman
Percaya tau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Terlebih senyuman yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana muram, bahkan obat penenang untuk jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terkhir kali anda menghadiahkan senyuman manis dan tulus untuk orang yang dikasihi?

0 komentar:

Posting Komentar